TOYOTA Grand New AVANZA dan Grand New VELOZ, Apa Bedanya

Posted by Max Obadja Saturday, September 5, 2015 0 comments

Grand New Avanza




Sejarah AVANZA


Nama Avanza berasal dari bahasa Itali AVANZATO yang berarti peningkatan. Sejak pertama kali diluncurkan pada acara Gaikindo Auto Expo tahun 2003. Selain harganya yang terjangkau (pada waktu pertama diluncurkan harganya masih dibawah 100 juta) yang paling memikat mobil ini adalah kapasitasnya yang dapat menampung 7 penumpang (7 seat). Mobil ini menjadi pilihan banyak keluarga Indonesia sehingga mendapat gelar mobil sejuta umat.

Menggendong mesin 1300 CC Toyota Avanza telah beberapa kali mengalami perubahan. Perubahan pertama terjadi pada tahun 2006, terlihat dari  telah digunakannya teknologi sistem katup (VVTI), sensor parkir dan system ABS (Antilock Braking System).  Pada tahun inipun diperkenalkan Avanza 1500 CC, dengan nama New Avanza S, menjadikan Avanza S sebagai varian tertinggi dan terlengkap Toyota Avanza saat itu. Perubahan minor selanjutnya terjadi pada tahun 2008.


Tahun 2011 Toyota Avanza yang berkolaborasi dengan Daihatsu Xenia mengalami perubahan besar (major change) sehingga disebut All New Toyota Avanza. Ditandai munculnya varian tertinggi dengan nama Veloz (2012) yang diambil dari bahasa Inggris VELOCITY yang berarti kecepatan. Sebagai penguasa di segmen entry level MPV (Low MPV), tahun 2014 Toyota Avanza mengeluarkan varian baru yaitu Avanza Luxury sebagai varian termewahnya.

Grand New Avanza GIIAS 2015

Guna mempertahankan posisinya sebagai penguasa segmen Low MPV, Toyota Avanza terus memperbaiki diri, proses evolusi pun terjadi hingga munculnya generasi terbaru dari Toyota Avanza dan Veloz yang resmi meluncur pada bulan Juni 2015.  Perubahan terjadi pada semua lini, baik interior, eksterior bahkan secara signifikan telah menggunakan teknologi mesin terbaru yaitu Dual VVTI. Teknologi mesin Dual VVTI pertama kali diterapkan pada All New Toyota Camry (2013). Teknologi mesin ini diklaim lebih irit bahan bakar dan lebih senyap.

Mesin Baru Grand New Avanza
Mesin Baru Grand New Avanza



VELOZ


Menggunakan tagline “sensation of a Unique Ride”,  Veloz generasi terbaru dipersenjatai dengan dengan beragam keunggulan.

Pada eksterior ada beberapa perubahan yang sangat mencolok seperti Headlamp Veloz 2015 sudah menggunakan projector halogen dengan desain yang sporty, ditambah dengan desain grill depan yang lebar menyatu dengan fog lamp memberi kesan modern nan mewah. Bagian belakang pun ikut dirombak, rear lamp yang melebar sampai kesisi samping mobil, berpadu dengan new rear garnish menjadikan Veloz semakin terlihat elegan.   




Dibagian Interior upaya Toyota untuk meningkatkan kenyamanan, kemudahan bahkan kemewahan terlihat pada banyaknya penambahan vitur seperti  penggunaan system audio double din dengan layar 6.1 inch touch screen dengan kelengkapannya seperti CD, DVD, AM/FM, USB, AUX, Bluetooth dan yang menariknya sudah iPod ready.

Steering Toyota Grand New Veloz
Lingkar kemudi yang semakin mewah dengan dilapisi kulit dengan pengontrol audio pada sisi kirinya. Knob mobil mendapat sentuhan baru dengan bahan chrome. Dan yang baru juga adalah adanya lampu indikator ECO drive. Lampu indikator berwarna hijau akan menyala bila pengemudi tidak sering membuat putaran mesin tinggi, dalam artian mengemudikan mobil yang hemat bahan bakar.

Penggunaan bahan kualitas baik pada pelapis kursi diharapkan mampu menambah kenyamanan dan keindahan interior mobil, dan tak perlu lagi susah melipat kursi bagian tengah karena dengan satu putaran tuas, kursi sudah langsung terlipat kedepan. Bila pada model sebelumnya melipat kursi baris ketiga adalah melipat semua bagian kursi, pada Veloz 2015 kursi dapat dilipat perkursi, apakah sisi kiri saja atau sisi kanan saja.  
Velg Toyota Grand New Veloz
Velg 15' untuk Grand New Veloz

Toyota sepertinya sudah memikirkan bagaimana caranya memanjakan pemilik Veloz saat didera kemacetan kota maupun kondisi jalan yang buruk, yaitu dengan  penggunaan peredam suara yang lebih baik menjadikan kabin lebih senyap, sehingga mendengar alunan musik dari sistem audio saat bermacet ria lebih menyenangkan, tak ketinggalan system suspensi pun digarap dengan baik, sehingga bisa meredam kondisi jalan rusak dengan cukup baik

But most of all… sistem keamanan mobil adalah bagian yang paling penting pada kendaraan. Toyota sudah menyediakannya pada Veloz, dengan menyematkan sistem pengamanan pasif seperti seat belt pada semua baris kursi penumpang  dengan indicator lamp bila pengemudi lupa menggunakan sabuk pengaman, dan juga side impact beam untuk memperkuat kendaraan bila mendapat benturan keras dari sisi samping kendaraan. 
Sistem pengamanan aktif yang dibenamkan pada Veloz 2015 seperti ABS (antilock braking system) dan juga airbag system bagi penumpang baris depan. Sehingga berkendara semakin yakin dan aman.
Untuk keamanan mobil dari para pencuri Toyota sudah menambahkan Immobilizer, sehingga tanpa kunci asli mesin mobil tidak akan bisa dihidupkan.

Apakah anda tertarik untuk memiliki mobil dengan segudang kelebihan ini? 



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: TOYOTA Grand New AVANZA dan Grand New VELOZ, Apa Bedanya
Ditulis oleh Max Obadja
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://penyukaotomotif.blogspot.com/2015/09/toyota-grand-new-avanza-dan-grand-new.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

credit for cara membuat email - Copyright of Penyuka Otomotif.